~ GEREJA IBU TERESA CIKARANG ~

images

Makna Lingkaran Adven dan sejarahnya

Mula-mula Adven dimulai di Prancis, sebagai persiapan Epifani yaitu hari Penampakan Tuhan / Tiga raja dari timur, yakni pada tanggal 6 Januari. Adven mulai menjadi tradisi Gereja Timur dalam mempersiapkan calon baptis untuk menjadi warga Gereja pada malam Natal.

 

Pada tahun 380-381 ada konsili di Saragoza, Spanyol menetapkan 3 pekan adven jelang Epifani. Sedangkan konsili di Macon, Prancis menetapkan adven mulai tanggal 11 November. Lalu menyebar ke Inggris. Di Roma / Gereja Katolik baru mulai pada abad VI sebagai persiapan untuk Natal. Pada abad ke-7, oleh Paus Gregorius Agung, adven dimulai dengan 4 minggu sebelum hari Natal. Pada abad 9, baru pertama kali dalam Gereja Katolik, adven sebagai pembukaan tahun Liturgi Gereja.

 

Korona atau Lingkaran Adven, mula-mula dimulai di bangsa Skandinavia (Swedia dan Norwegia); lingkaran itu melambangkan Tuhan itu Alpha dan Omega. Dia abadi dan kita ambil bagian dalam rencana penyelamatan Allah. Dari rumput hijau dan segar seperti daun Pinus dan
Cemara, sebab tidak mudah rontok pada musim gugur dan juga pada musim dingin. Melambangkan Kristus yang memberi hidup baru. Makna 3 Lilin Ungu dan 1 Pink yaitu Lilin terang itu melambangkan Kristus yang menerangi kegelapan hidup & menunjuk jalan kepada keselamatan. Lilin Ungu Adven 1 (satu) lambang Harapan, Lilin Adven 2 (dua) lambang Cinta, dan lilin ungu Adven 4 (empat) adalah lambang Damai. Sedangkan untuk Lilin Adven 3 (tiga) yaitu berwarna Pink sebagai lambang Sukacita (Gaudete).

 

Lilin itu dinyalakan satu persatu setiap minggu yang menandakan persiapan yang makin dekat dan makin sungguh. Perjalanan hidup yang makin dekat kepada Tuhan.

 

Tuhan Yesus memberkati anda.
Sumber : http://www.stmaria.info



Dipost Oleh Simon

~ Simon ~

Tinggalkan Komentar