~ GEREJA IBU TERESA CIKARANG ~

images

Perkembangan Lingkungan di Paroki Cikarang

Paroki Cikarang – Gereja Ibu Teresa adalah paroki ke-56 di Keuskupan Agung Jakarta, yang diresmikan pada tanggal 25 Januari 2004, dengan Pastor Samuel Pangestu, Pr sebagai Pastor Kepala. Saat itu Paroki Cikarang memiliki 28 lingkungan dengan jumlah umat kira-kira 4.000 jiwa (1.250 KK).

 

Dalam teritori gerejawi, Paroki Cikarang berbatasan dengan Keuskupan Bandung di Timur, Paroki Bekasi – Gereja St. Arnoldus di Barat, dan Keuskupan Bogor di Selatan. Sebagai catatan informatif, luas Paroki Cikarang kurang lebih separuh dari luas wilayah Dekenat Bekasi yang saat ini terdiri dari 9 paroki (Paroki Bekasi, Paroki Bekasi Utara, Paroki Cikarang, Paroki Harapan Indah, Paroki Jatiwaringin, Paroki Kampung Sawah, Paroki Kranji, Paroki Lubang Buaya, Paroki Taman Galaxy).

 

Dalam perjalanannya, Paroki Cikarang telah berkembang dari 28 lingkungan menjadi 54 lingkungan (per tahun 2017). Jika dilihat dari perkembangannya, maka perkembangan lingkungan dapat dibagi menjadi 5 generasi.

 

Ada 8 lingkungan yang termasuk generasi pertama, 21 lingkungan yang termasuk generasi kedua, 14 lingkungan yang termasuk generasi ketiga, 9 lingkungan yang termasuk generasi keempat, dan 2 lingkungan yang termasuk generasi kelima.

 

Mengingat sebagian besar umat mungkin tidak mengetahui perkembangan lingkungan dimulai dari generasi awal, maka mulai edisi minggu ini, Warta Teresa akan memuat profil dari lingkungan- lingkungan tersebut.

 

Semoga dengan membaca sekilas profil 54 lingkungan yang ada di paroki kita, kita semua akan lebih bisa mensyukuri segala sesuatu yang Tuhan telah berikan kepada kita, di mana jumlah umat terus bertambah dalam keberagaman sosial ekonomi budaya masyarakat yang ada di bumi Cikarang.

 

- T.S.P. -

Sumber :

  • Perjalanan Gereja Katolik (di) Jakarta – Dekenat Bekasi
  • Tentang Paroki Ibu Teresa Cikarang – diambil dari buku RKUP


Dipost Oleh Simon

~ Simon ~

Tinggalkan Komentar