~ GEREJA IBU TERESA CIKARANG ~

images

SURAT GEMBALA NATAL KEPADA SELURUH UMAT ALLAH PAROKI CIKARANG, GEREJA IBU TERESA

Saudari-saudaraku, Umat Allah Ibu Teresa Cikarang yang terkasih dalam Kristus,

Kami keluarga pastoran dan seluruh anggota Dewan Paroki Cikarang, Gereja Ibu Teresa mengucapkan Selamat Hari Raya Natal 2017 dan selamat menyongsong Tahun Baru 2018. Karena begitu besar kasih-Nya kepada umat manusia, Allah telah mengutus Putra-Nya ke dunia untuk menyelamatkan dan membawa damai sejahtera kepada dunia, seperti yang diwartakan para malaikat kepada para gembala.

Bagi kita umat Kristiani, kelahiran Sang Raja Damai merupakan suatu momentum untuk membaharui hidup baik pribadi maupun hidup bersama. Kita merindukan suatu bumi yang penuh damai dan umat manusia yang makin bersaudara. Kondisi dan situasi bangsa kita saat ini menjadi tantangan dan panggilan kita untuk bersama merenungkan seruan Santo Paulus, “Hendaknya damai sejahtera Kristus memerintah dalam hatimu, karena untuk itulah kamu telah dipanggil menjadi satu tubuh” (Kol 3 : 15). Semoga kata-kata Paulus ini mendorong kita untuk terus menerus mengupayakan terwujudnya damai sejahtera khususnya di Bumi Cikarang tercinta, karena hanya dengan demikian kita memahami makna Natal yang sesungguhnya.

Saudari-saudaraku yang terkasih,

Persatuan kita sebagai bangsa Indonesia sedang terancam perpecahan, sehingga hasrat bangsa kita untuk menciptakan damai sejahtera menjadi sulit terwujud. Cita-cita luhur bangsa Indonesia, sebagaimana diungkapkan dalam Pembukaan UUD 1945, untuk menciptakan persatuan, keadilan sosial dan damai sejahtera masih perlu kita perjuangkan terus bersama-sama. Sebagai elemen bangsa, kita umat Kristiani, khususnya di Paroki Cikarang ini tak mampu menyelesaikan semua persoalan yang kita hadapi hanya dengan mengandalkan kekuatan sendiri. Inilah saatnya kita membiarkan damai Kristus memerintah dalam hati. Hanya dengan damai Kristus yang menguasai hati kita, kita akan dimampukan untuk membuka diri, merangkul dan menyambut sesama anak bangsa dan bersama mereka merajut kesatuan dan melangkah menuju masa depan yang semakin baik.

Sebagai warga di bumi Cikarang ini, kita sendiri ditantang untuk tak henti-hentinya mewujudkan damai sejahtera, kerukunan dan persaudaraan di antara kita di dalam kebhinnekaan, sesuai Sub Tema Natal kita “Damai Kristus terwujud dalam Kebhinnekaan”.

Dalam semangat kebhinnekaan ini kita belajar mengulurkan kebaikan dan kasih kepada sesama. Kita belajar saling mengampuni dan memaafkan. Dengan bersatu sebagai umat Allah Paroki Cikarang, kesaksian kita tentang kerukunan dan persaudaraan kepada masyarakat yang beragaman di bumi Cikarang ini akan lebih berarti dan meyakinkan.

Semoga perayaan Natal 2017 ini mendorong dan menyemangati kita semua untuk belajar dan mengembangkan kemampuan menerima perbedaan dan mensyukurinya sebagai kekayaan kehidupan bersama kita di bumi Cikarang ini. Marilah kita menghidupi dan mengembangkan damai sejahtera dengan jalan merangkul sesama, merawat ciptaan serta memajukan kerukunan dan persaudaraan di antara kita. Hanya dengan demikian, kita dapat memberi kesaksian bahwa damai sejahtera memerintah dalam hati kita yang terwujud dalam
kebhinnekaan bersama umat dan masyarakat di bumi Cikarang. Selamat Natal, Tuhan memberkati.

 

Cikarang, 22 Desember 2017


Rm. Antonius Suhardi Antara, Pr.
Pastor Kepala Paroki Cikarang



Dipost Oleh Simon

~ Simon ~

Tinggalkan Komentar